keramba

Suntuk, Mancing Aja

situ rawa besar

Seseorang tampak sedang memancing di Setu Depok – gilamancing.com

Semilir angin menandai selesainya hujan turun. Udara yang sedikit lembab tidak membuat surut Bapak Madi (43) untuk melempar jorannya ke situ rawa besar  lio untuk menjemput ikan yang ada didalamnya.

Bapak yang memiliki dua  orang putra ini sedikit kesal karena umpannya belum juga di sentuh penghuni situ.

Ikan yang ada di situ Depok itu tidak jauh dari ikan mujair, patin dan gabus...”disini banyak ikannya mas,  dan walaupun hujan akhir-akhir ini turun begitu sering bahkan cukup  deras namun tidak sampai naik keatas permukaan”,.ujar bapak yang  tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi ia mancing ini.

Alasan utama ia mancing adalah ingin mengusir rasa suntuk dan iseng setelah ia bekerja,karena menurut pandangan mata kami memang beliau hanya membawa sebatang kayu joran panjang saja untuk mancing.

madi bener

Bapak Madi – gilamancing.com

Ternyata tidak hanya di situ saja ia mancing ikan, bahkan ia sering mancing di Dermaga 4 Tanjung Priok Jakarta Utara. Banyak ikan yang didapatnya antara lain baung, baronang,dan kalau sedang nasib baik menghampiri  ia pernah mendapatkan ikan  kakap merah.

Dan perlu  diketahui bersama bahwa situ rawa besar merupakan kawasan penyangga dan resapan air untuk wilayah kota Depok dan sekitarnya.

Masyarakat sekitar Kampung Lio menggunakannya sebagai tempat untuk memelihara keramba di pinggir dan di tengah situ tersebut.

Tahun 2006 pemerintah kota Depok mulai membuat rancangan untuk memperbaiki situ tersebut agar digunakan oleh masyarakat sekitar dan pengunjung yang datang dari tempat lain merasakan nyaman dan ingin berlama-lama ditempat ini. Selain  itu juga terdapat banyak jajanan apabila perut sudah merasa kriak,.kriuk ingin segera diisi.

Tak terasa Pak Madi yang sehari-harinya sebagai pekerja bangunan itu
berjalan menjauhi bibir situ rawa besar untuk menemui istri dan dua  buah hatinya. Dengan senyum sumringah, walaupun tak satu ekor ikan  ia bawa pulang,.dan yang penting rasa suntuk itu telah hilang,…

 

Word & picture : waw.m for gilamancing.com



Bakat terpendam didunia jurnalis waw.m atau Wawan Setiawan, mampu menghadirkan artikel yang cukup informatif namun ringan dibaca, serta dapat menuangkan ilustrasi dengan baik... selengkapnya


One thought on “Suntuk, Mancing Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *