pramuka1

Mancing Ikan Bentong di Pulau Pramuka

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau yang tersebar di berbagai wilayah. Dengan beraneka ragam pulau terhampar tentu saja mengundang banyak macam ragam hewan hidup diatas permukaan maupun di bawahnya.

Kali ini Tim gilamancing mengunjungi Pulau Pramuka yang terletak disalah satu Kepulauan Seribu. Jumlah total pulau yang ada di Pulau Seribu kurang lebih mencapai angka 108. Adapun  yang sudah dapat dihuni oleh manusia baru sekitar 11 pulau.

Wilayah  ini memiliki luas kurang lebih 16 hektare dan dihuni oleh 1.400 penduduk. “ Di tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal “ ucap Noval Abuzarr salah seorang caleg dari salah satu partai politik yang tinggal di Pulau Pramuka.

Selain panorama keindahan alam nan indah ditawarkan disini, masih banyak kegiatan  dapat dilakukan dalam mengisi waktu libur bersama keluarga.  Banana Boat adalah salah satunya, keberadaan wisata air ini berada di tepi pantai. Dengan perahu berbentuk pisang kemudian  ditarik oleh perahu boat mengelilingi bibir pantai sangat mengasyikan.  Ingin adrenalin  anda tertantang? cobalah naiki  banana boat yang ada disana.

Tak ingin kalah dari banana boat, snorkeling  (melihat pemandangan bawah air dari atas permukaan ) juga menjadi   daya tarik tersendiri. Beraneka karang yang berwarna-warni sekaligus ikan-ikan yang bermain disekitarnya membuat mata ini tidak ingin berkedip walau sejenak.

Dan belum lengkap rasanya bila kita tidak  membawa peralatan pancing untuk sekedar  menyalurkan hobi. Dermaga adalah salah satu tempat favorit bagi siapa saja yang ingin memancing  ikan bentong. Ikan jenis ini banyak sekali dijumpai di tepi pantai secara bergerombol.

Mungkin takut dengan terganggu oleh aktivitas dermaga pada sang hari, maka para pemancing memanfaatkan waktu malam hari untuk kegitannya kali ini. Iwan Hermawan (28) salah seorang karyawan swasta tergoda untuk memancing pada malam hari.

Bersama dengan Lujum (30) berangkat melalui Muara Angke beserta rombongan tempat mereka bekerja. Butuh waktu empat jam untuk menempuh perjalanan dari  SMPIT Nurul Fikri Depok sampai dengan tujuan apabila dalam kondisi normal. Namun lamanya perjalanan terbayar sudah dengan ia  mengulurkan benang pancing di dermaga Pulau Pramuka.

Ada yang unik disini karena kebanyakan dari mereka yang memancing di dermaga menggunakan umpan pentil ban sepeda. Pentil ini dipasangkan di mata kail untuk mengelabui ikan. Tapi kita harus pintar-pintar dalam mengetahui selera makan ikan bentong. Ikan ini sepertinya tidak akan menghampiri umpan pentil  apabila terlalu lama atau berhari-hari  tidak digunakan untuk memancing. “Karena pentil itu akan mengeluarkan bau serta aroma yang tidak sedap dan ikan bentong pun menghindar “ ucap Bam (43) yang setiap hari memancing di dermaga.

Kalau nasib baik sedang menghampirinya ia pernah mendapatkan dalam jumlah lebih dari satu kilo. Ukuran ikan bentong beragam, tetapi  yang ada di sekitar dermaga tidak lebih dari ukuran dua sampai tiga jari. Ikan hasil tangkapannya itu di bawa untuk di goreng, tetapi tak jarang juga ia berikan kepada kucing – kucing liar dermaga yang menantinya sejak dari tadi.

Kalau ingin bermain ke Pulau Pramuka jangan di bulan November, Desember dan Januari. Karena pada bulan – bulan itu ombak begitu tinggi sehingga kapal pengangkut penumpang tidak berani melintas. “Biasanya memelukan waktu hanya 2 jam untuk sampai ketujuan, kali ini dibutuhkan waktu 12 jam. Karena ombak naik sekitar 5 meter “ tambah Noval Abuzarr menyarankan.

6item(s)

 

 

Word & Pictured             :   waw.m
Copyright@forgilamancing.com



Bakat terpendam didunia jurnalis waw.m atau Wawan Setiawan, mampu menghadirkan artikel yang cukup informatif namun ringan dibaca, serta dapat menuangkan ilustrasi dengan baik... selengkapnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *