Danau-PKK-Pemancing-gilamancing.com_

Mancing Disela Pancang Beton Kemayoran

Danau-PKK-gilamancing.com-

Danau PKK – gilamancing.com

Ditengah kepungan gedung beton di daerah Kemayoran, terdapat aktifitas masyarakat sekitar maupun pendatang yang ingin mendulang rejeki atau sekedar pelepas penat dengan objek utama yaitu danau yang terbentuk karena pengerukan lahan pembangunan gedung yang ditinggalkan.

Aktifitas berjualan, kongkow-kongkow anak muda dan juga memancing dapat kita lihat sepanjang danau ini yang terbentang pada lahan sekitar 100 meter x 70 meter. Tim gilamancing.com cukup beruntung ketika berkunjung ke lokasi ini. Udara yang cerah dan juga banyaknya aktifitas memancing yang tidak menyulitkan tim gilamancing.com untuk memperoleh informasi.

Danau PKK, banyak orang menyebutnya dengan nama demikian. “Bangunan ini sudah ada berdiri dari tahun 1995” ujar mas Eko (33) salah seorang pemancing yang tinggal didaerah sekitar.  Namun badai krisis tiga tahun kemudian membuat bangunan ini terabaikan sampai sekarang dan menjadi kubangan secara alamiah. Disela  hingar bingarnya suara kendaraan bermotor yang  melintas di jalan utama, tidak meyurutkan niat para pemancing yang berdatangan dari berbagai daerah  untuk mengais ikan yang ada di dalamnya. Menurut Dede (27) salah satu pedagang  Danau PKK, “di sini dari pagi sampai ketemu pagi lagi ramai terus mas”,dan  tak jarang Ia harus mengatur jadwal untuk  istirahatnya agar tetap segar selalu.

Sabar

Sabar Menunggu – gilamancing.com

Asal muasal ikan  di Danau PKK banyak yang mengatakan bahwa beragam  ikan itu berasal dari orang yang memiliki keyakinan bahwa menaruh ikan atau membuang ke suatu tempat  adalah bagian dari ibadah. Ikan disini antara lain Ikan lele, mujair, mas, gabus dan patin. Tidak sedikit ikan yang  di ceburkan ke Danau ini kadang sampai 1 kwintal ikan dengan dibawa oleh kendaraan bak terbuka dan seringnya dilakukan pada waktu malam hari.

Acara ini  mereka melakukannya untuk membuang aura buruk dan menghapus segala bentuk kesalahan dimasa lalu. Tidak ketinggalan pula didalam doanya mereka memanjatkan agar rejeki yang akan datang  jauh lebih banyak dan berlimpah.

Uniknya lagi apabila pemancing bertemu dan ingin meminta langsung ikan darinya jangan harap mereka memberikan dengan cuma – cuma. Ikan tetap  di ceburkan ke danau dan pemancingpun terpaksa gigit jari dan harus mengayuhkan kailnya ke danau.

Danau-PKK-2-gilamancing.com-

“Awas Jatuh” – gilamancing.com

Lokasi yang bersebelahan  sekali dengan KEM Tower , tepatnya di jalan Landasan Pacu Barat Blok B Kemayotan Jakarta  Pusat memang  selalu ramai. Saat Tim gilamancing mendatangi  tempat yang berada di tengah perkotaan ini tampak  banyak orang  sedang menunggu giliran kapankah umpan yang diberikan  akan disambar oleh ikan. Berbagai  cara memancing orang   disana.

Banyak yang menggunakan cara umum yang sudah kita kenal yaitu dengan umpan pelet, cacing dan lumut yang dililitkan dengan kail.  Cara lain dengan menggunakan tehnik garong yaitu teknik tanpa umpan dimana mata kail yang dililitkan bisa 4-10 berjejer searah kenur, dengan teknik ini memungkinkan untuk memperbesar adanya peluang ikan yang tersangkut apabila pemancing itu memainkan jorannya dengan cara melempar sejauh mungkin kemudian menariknya berulang – ulang.

Danau-PKK-3-gilamancing.com-

Berdiskusi – gilamancing.com

Ada lagi dengan menggunakan jaring kecil dan membutuhkan kesabaran agar ikan menyangkut di jaring yang sudah dihubungkan dengan joran. Agus  (31)  salah seorang pegawai swasta  mengaku hampir setiap hari sabtu dan minggu selalu memancing di tempat ini.  Pria yang bertempat tinggal di Kawasan Cengkareng mengatakan bahwa kedatangannya  hanyalah iseng semata. Dengan menggunakan umpan pelet Ia bercerita bahwa ikan yang berada di Danau PKK  umpannya kadang berbeda-beda. Sekarang pelet, besok lumut dan tidak menutup kemungkinan lusa menggunakan cacing. Hal ini pun di sepakati oleh rekannya Syahril (34) yang datang untuk memancing juga. Ikan yang pernah didapat Agus salah satunya adalah ikan mujair berukuran ½ kilogram. Masih banyak jenis dan ukuran lainnya Ia rasakan sensasi dalam  mendapatkannya.

Danau-PKK-4-gilamancing.com-

Mendulang Rejeki – gilamancing.com

Tak hanya pemancing pemula atau  senior  yang beruntung mendapatkan ikan Danau PKK, para penjaja makanan ringan maupun beratpun merasakan hal yang sama dengan ditandai dagangannya laris terjual. Bapak Tarsono (60) salah satunya , dengan berjualan ketoprak diareal ini ia bisa menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi. Tidak terasa  Pak Tarsono sudah merasakan letih dan lelah untuk terus berjualan ketoprak sebagai mata pencariannya. Namun apalah daya keluarga yang berada di Brebes sana selalu berharap agar sang kepala keluarga pulang dengan membawa pundi – pundi uang untuk melanjuti kehidupan sehari-hari. Dan sudah 20 tahun Ia melayani dengan setia serta  selalu  menyambut pelanggan Mancing Disela Pancang Beton Kemayoran yang sudah mulai merasakan lapar karena kondisi siang Kemayoran.

 

 

 

 

Word          : waw.m
Pictured    : dield
Copyright@forgilamancing.com



Bakat terpendam didunia jurnalis waw.m atau Wawan Setiawan, mampu menghadirkan artikel yang cukup informatif namun ringan dibaca, serta dapat menuangkan ilustrasi dengan baik... selengkapnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *