H.-Iping-1-gilamancing

H Iping Kumis Penikmat Ikan Danau

H.-Iping-1-gilamancing

H. Iping – gilamancing.com

Identitas  seseorang  kadang memang representasi  sesuai dengan penampilan fisiknya.  Itulah yang menjadi ciri dari H Iping Kumis.  Bapak yang sudah menginjak usia 67 ini memang mempunyai kumis yang sangat lebat dan membuat orang langsung tertuju kepada kumis yang dimiliki.

Ternyata dibalik kelebatan kumisnya tersimpan jiwa yang dermawan serta keramahan yang tidak perlu di pertanyakan lagi. Bapak yang sudah mempunyai  lima anak dan enam orang cucu ini terlihat apa adanya namun sangat berisi penuh makna.

Segala sesuatunya beliau jalani dengan penuh rasa syukur dan penuh tanggung jawab kepada Sang Pencipta. Semuanya Tim  gilamancing rasakan saat ia berbagi pengalamannya.

Mancing adalah hobi tunggalnya, sejak dahulu hobi yang satu ini tidak bisa terbendung apabila keinginan H Iping Kumis tiba – tiba muncul  beliau harus segera mengambil pancingannya dan segera mencari sasarannya.

Selain laut Irian, Biak, Ujung  Kulon untuk mendapatkan ikan kerapu, baronang, ketang-ketang serta  masih banyak lagi lainnya,ternyata H Iping Kumis juga sangat senang memancing di danau dan rawa. Hampir semua danau dan rawa yang ada di Depok sudah didatangi.

Danau 1 - gilamancing.com

Danau – copyright by gilamancing.com

Dalam satu minggu H Iping Kumis bisa menghabiskan waktunya untuk memancing sebanyak tiga hari dan sisa hari yang lainnya untuk beristirahat. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau sudah datang keinginan memancingnya sedang tinggi di tambah lagi ada rekan  mengajak , maka jumlah hari dalam seminggu bisa berubah lebih banyak.

Ikan yang sering didapat dari danau dan rawa antara lain ikan Nila, Patin, Lele, Gurami. Kepuasan yang tidak dapat dilukiskan apabila umpan dimakan oleh ikan – ikan diatas untuk selanjutnya dapat diangkat ke daratan.

H. Iping 2 gilamancing.com

Beraksi – copyright by gilamancing.com

Disetiap kesempatanya H Iping Kumis selalu ditemani oleh peralatan pancingannya dan berbagai macam umpan tersusun rapih di box yang sudah tersedia didalam mobilnya. Tidak ketinggalan istri tercintapun selalu mendampingi dengan setia disetiap ada kesempatan untuk berpetualang dengannya.

Salah satu hal yang unik dari Bapak satu ini adalah apabila sedang dalam perjalan, lalu tiba – tiba melintasi  danau atau rawa,  maka  H Iping Kumis tidak sungkan untuk memarkirkan kendaraannya dan segera menebarkan pancingnya. Semua ia lakukan memang karena atas dasar hobi.

Yang perlu juga dilakukan apabila memancing dimanapun tak terkecuali di danau  adalah harus memperhatikan joran yang kita miliki. Pernah suatu kali H Iping Kumis tidak mengontrol  pancingannya saat ikan patin menariknya tanpa permisi dan membawa lari hingga jauh. Adapun Ikan Patin terbesar yang pernah didapatnya berukuran 12 kg.

Dari semua hasil tangkapan memancingnya hanya sebagian kecil saja yang Ia bawa pulang kerumah, selebihnya Ia berikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Sesekali Bapak ini mengenang masa – masa sewaktu masih bekerja sebagai kapala cabang RRI dan sering mendapatkan tugas ke luar negeri untuk instansinya tersebut. Pernah Ia mendapat tugas untuk pergi ke Negara Jerman namun apa Ia dapat, dengan terpaksa hobi mancingnya tidak tersalurkan. Ternyata di Negara Tim Panser ini untuk memancing harus memiliki SIM ( surat ijin memancing ).

H. Iping 1 - gilamancing.com

Penikmat Ikan Danau – gilamancing.com

Tetapi memang sudah hobi, sesekali untuk menghilangkan rasa penasarannya H Iping Kumis duduk di bawah jembatan dengan benang terurai kebawah dilengkapi  umpan. “ ,.uppps ikan pun didapatnya,” namun sebagai warga negara yang baik Ia pun melepaskan kembali. Maka tidak heran kalau di luar sana sangat banyak ikan berkeliaran di alam bebas.

Beda cerita lagi ketika Ia berkunjung ke Negeri Sakura, di sana kolam pemancingan yang ada terdiri dari mayoritas ikan Koi. Pengunjung diperbolehkan mancing tetapi hasil tangkapannya tidak boleh di bawa pulang, dan kita harus tetap membayar sejumlah uang sesuai dengan berat kiloan ikan yang  didapat.

Sambil merapihkan peralatan pancingnya untuk segera pulang ke rumahnya di Jl. Raya Bogor Km32 Komplek Pemancar RRI, Bapak ini terus memberikan masukan dan arahan kepada Tim gilamancing dalam menapaki hidup dan tentu juga tentang hal mengenai  dunia mancing.

Ada tiga hal yang menjadi tujuan dari hobi memancing H Iping Kumis yang pertama adalah olahraga, karena dengan berolah raga badan kita akan terasa bugar dan tidak mudah untuk diserang oleh  penyakit. Kedua adalah untuk berekreasi, banyak hal yang didapat selain tubuh yang bugar karena olahraga fisik kesenangan batinpun perlu adanya penyegaran. Terakhir yang Ia ingin dapatkan dari hobi memancingnya itu adalah akan selalu ingat kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang Ia dapatkan selama ini dan kesehatan serta keberkahan hidup dari-Nya.

 

 

 

 

Hasil liputan khusus gilamancing.com dengan H Iping kumis

Word & Pictured : waw.m

Copyright@for gilamancing.com



Bakat terpendam didunia jurnalis waw.m atau Wawan Setiawan, mampu menghadirkan artikel yang cukup informatif namun ringan dibaca, serta dapat menuangkan ilustrasi dengan baik... selengkapnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *