Bapak Mahmud sedang mengecek keramba

Asyiknya Usaha Keramba

mahmud-gilamancing.com

Bapak Mahmud – gilamancing.com

Begitu asyiknya usaha yang dilakukan oleh Bapak Mahmud (63) yang  boleh ditiru oleh siapa saja  dengan  memanfaatkan tempat tinggal  yang berdekatan dengan Situ Rawa Besar Lio. Betapa tidak karena dengan usahanya itu para pembeli datang dengan sendirinya ke lokasi untuk membeli hasil keramba nya itu.

Bermula dari membuat satu dua keramba dan berjalan dengan baik akan  tetapi setelah  itu ada rencana dari perintah kota Depok untuk menjadikan situ yang berlokasi di jalan Anyelir ini dijadikan tepat Wisata Air. Hingga pada akhirnya tempat wisatapun tak kunjung terealisasi, dan yang tumbuh subur melainkan tanaman air yang terkenal sangat cepat pertumbuhannya yaitu eceng gondok warga sekitar  menyebutnya demikian .

Lambat laun tanaman eceng gondok itu di bersihkan hingga akhirnya bapak Mahmud sekarang memiliki sebanyak 5 keramba ukuran  3 x 2 meter secara perorangan.

Pembeli  yang  datang ke lokasi keramba bapak Mahmud dapat dipastikan mencari ikan Mujair dan Patin. Kenapa bapak yang masih terlihat segar bugar walau usianya menginjak 63 tahun ini memilih untuk memelihara jenis 2 ikan tersebut, dikarenakan daya tahan ikan ini sudah tidak diragukan lagi dan juga tentu dagingnya yang banyak dicari oleh masyarakat luas.

Pelet adalah makan utamanya yang biasanya para peternak ikan ini memberinya pada pagi dan sore hari untuk tetap terus menjaga pertumbuhan secara maksimal. Untuk kerugian memelihara ikan ini cukup kecil selain suhu air yang cukup berpengaruh juga ketika musim hujan tiba yang dapat mengakibatkan ikan yang ada di dalam keluar karena air melebihi  batas jaring keramba tersebut dan pada akhirnya ikan pun bebas berenang mengarungi situ yang sangat luas.

Bapak Mahmud sedang mengecek keramba

Bapak Mahmud sedang mengecek keramba – gilamancing.com

Hasil panen baru bisa diangkat pada bulan ke 7 untuk ikan mujair, dan bulan ke 8 untuk ikan patin. Adapun satu  keramba bisa menghasilkan 80 kg – 100 kg dan untuk itu semua bapak Mahmud mendapatkan uang kurang lebih 2 juta rupiah untuk satu keramba,.sekarang tingggal dikalikan lima,..siapa yang berminat usaha keramba.

Word & Picture : waw.m for gilamancing.com

 

 



Bakat terpendam didunia jurnalis waw.m atau Wawan Setiawan, mampu menghadirkan artikel yang cukup informatif namun ringan dibaca, serta dapat menuangkan ilustrasi dengan baik... selengkapnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *